Saturday, June 24, 2017

Simbol Yahudi

Jika Anda ingin mengenal Logo Bintang David sebenarnya terdiri dari 2 segitiga yang dibalik sehingga membentuk segi enam, logo-logo seperti ini banyak sekali digunakan sebagai logo perusahaan, lembaga. Dari informasi yang beredar selama ini, ada penafsiran sebagai berikut: Lambang segitiga yang ujungnya menghadap ke bawah, itu menggambarkan Piramida Mesir; sedangkan gambar segitiga yang ujungnya ke atas, itu menggambarkan Bukit Zion di Israel.


Maka ketika ada partai politik di Indonesia yang memakai simbol “segitiga” dengan memakai empat jari, dua jempol dan dua telunjuk, ini menggambarkan konsep segitiga yang menghadap ke atas. Kaum Yahudi modern sangat terkenal dengan simbol-simbol. Sampai ada studi tersendiri yang mengkaji soal simbol-simbol itu.


Kalau dalam gerakan Yahudi modern, caranya dengan membuat simbol-simbol yang intinya bermuara kepada simbol “Bintang Yahudi”. Siapa yang memakai simbol itu dianggap sebagai kawan, siapa yang tidak memakai, dianggap orang luar.


Namun ada keunikan dari simbol “Bintang Yahudi” itu. Ternyata maknanya, bukan hanya simbol keruntuhan Piramida Mesir dan bangkitnya Bukit Zion. Ada satu lagi makna yang sangat besar, yang jarang disadari banyak orang. Ternyata, lambang “Bintang Yahudi” itu bermakna, bahwa kaum Yahudi modern siap menggantikan peradaban Mesir kuno yang telah runtuh.

Masuknya nilai-nilai Yahudi dari perfilman Indonesia seperti di My Name Is Khan, 3 Doa 3 Cinta, dan Ayat-Ayat Cinta yang digarap Hanung Bramantyo, nilai-nilai pluralism, liberalism, hedonism yang diusung Ulil Abshor Abdalla, Ahmad Dhani  dan yang lainnya merupakan bagian dari nilai yang dimasukkan Yahudi dalam bentuk apa pun, pemikiran, lagu. 

No comments:

Post a Comment