Thursday, July 20, 2017

6 Sunnah Rasulullah yang Paling Utama Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Rasulullah adalah suri tauladan terbaik di muka bumi ini, maha guru yang patut kita contoh akhlak dan budi pekertinya, agar kita senantiasa menjadi umat yang benar-benar taat dan berkualitas. Beliau adalah manusia terpilih untuk menuntun kita menuju jalan yang lurus maka jika kita ingin selamat dunia-akhirat hendaknya ikutilah langkah-langkah beliau, ikuti sunnah-sunnah yang menjadi ketetapan agar hidup kita lebih berarti dan menjadikan kualitas diri lebih baik, tentunya untuk mengejar dunia-akhirat yang kekal abadi.


Berikut adalah 6 sunnah Rasulullah yang paling utama dalam kehidupan sehari-hari, hendaknya kita lakukan agar senantiasa berada di jalan yang lurus dan tidak merugi ketika sampai hari perhitungan nanti.
1.      Shalat Tahajjud, merupakan ciri orang saleh dan ikhlas.
2.      Membaca Al-Quran dengan terjemahannya. Al-Quran merupakan petunjuk.
3.      Memakmurkan masjid. Masjid adalah Rumah Allah.
4.    Shalat Dhuha. Setiap amal ibadah yang diperintahkan Allah dan Rasul- Nya pasti ada rahasia yang tersembunyi di dalamnya, demi kemasalahatan dan kemanfaatan kita, manusia.
5. Bersedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Allah menyukai orang yang suka bersedekah dan Malaikat Allah selalu mendoakan orang yang bersedekah setiap hari. Bersedekah merupakan tolok ukur dan ciri orang-orang yang beriman, shaleh dan bertakwa.

6.  Menjaga wudhu terus-menerus karena Allah menyayangi hamba yang berwudhu. Nabi Saw, senantiasa dalam keadaan wudhu, baik dalam waktu dan keadaan apa pun.  Kalau kita selalu berwudhu, insya Allah akan selamat dari ikatan dan kegenitan dunia serta terjaga dari hal-hal yang kotor. Selanjutnya kita terjaga dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan dari perbuatan-perbuatan dosa dan tercela. 


No comments:

Post a Comment