Thursday, October 6, 2022

Apakah Bukti Kesederhanaan Umar bin Khattab?

Apakah bukti kesederhanaan Umar bin Khattab? Prinsip hidup sederhana yang ia pegang semata-mata untuk menjaga perasaan rakyat yang ia pimpin.

Ia paham betul hakikat harta yang diajarkan dalam Islam. Saat itu ia sudah menjabat sebagai khalifah, bisa saja ia membeli baju bagus yang baru, namun Umar memilih tetap memakai pakaian yang masih bisa ia pakai.


Pakaiannya bukan berbahan mahal, hanya kain sederhana yang bahkan dipenuhi dua belas tambalan, yang salah satu tambalannya itu ditambal dengan kain kulit berwarna merah. Umar bin Khattab juga mengajarkan prinsip kesederhanaannya itu kepada keluarganya, langsung menegur anggota keluarganya yang hidup dalam kemewahan, takut salah satu dari orang yang dicintainya kena fitnah karena harta kekayaan.

apakah bukti kesederhanaan umar bin khattab


Ia juga tak mau keluarganya sampai kekurangan gizi, hidup dengan tidak layak.

Pada suatu hari, beliau terlambat datang ke masjid untuk menunaikan Fardlu Jum’at, berkata kepada para jamaah,”maafkan saya, saya terlambat karena mencuci pakaian saya terlebih dahulu, karena saya tidak memiliki baju lain yang dapat saya pakai.”

Apakah bukti kesederhanaan Umar bin Khattab? Kisah seperti di atas yang menunjukkan kesederhanaan Umar bin Khattab.

apakah bukti kesederhanaan umar bin khattab


No comments:

Post a Comment