Wednesday, October 11, 2023

Tips Menghadapi Ujian Menurut Islam

Berikut ini tips menghadapi ujian menurut Islam:

1. Ustaz Fakhrurrazi memberikan satu kiat dari guru beliau di Sudan bahwa ketika Kita sedang mengalami masalah, bukalah Al-Quran dan biasanya ayat yang pertama kita baca akan menjadi solusi bagi masalah kita, insyaAllah.

tips menghadapi ujian menurut Islam

2. Berbakti kepada kedua orang tua ketika terasa kehidupan sangat berat. Dalam hadis dikatakan:
“Ridha Allah ada pada ridha kedua orang tua dan kemurkaan Allah ada pada kemurkaan kedua orang tua” (HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban, Hakim).
"Oleh karena itu, ketika seseorang berbakti kepada kedua orang tua saat dia menghadapi ujian, maka seolah dia sedang mengundang ridha Allah,” jelas Ustaz Fakhrurrazi.

tips menghadapi ujian menurut Islam

3. Membantu hamba Allah yang dalam kesulitan. Dalam Surat Al-Maidah ayat 2, Allah berfirman:
"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan."
Ketika seseorang sedang ditimpa ujian, hendaknya dia tetap menolong orang lain yang membutuhkan untuk memancing pertolongan dari Allah dan untuk mengundang rahmat Allah agar Allah memudahkan masalahnya.

tips menghadapi ujian menurut Islam

Demikian tips menghadapi ujian menurut Islam. Yakinlah bahwa semakin besar dan banyak cobaan yang Allah turunkan kepada Kita, makin besar pula pahala dan sayang Allah yang akan dilimpahkan kepada Kita. Terima kasih ❤️

tips menghadapi ujian menurut Islam


No comments:

Post a Comment