Sunday, October 6, 2019

Pengertian Makanan dan Minuman Halal dan Haram dalam Islam Lengkap


Tahukah Kamu, bagaimana yang dimaksud dengan makanan dan minuman halal dan haram dalam Islam? Berikut penjelasan secara detailnya.
Haram karena proses pengolahannya seperti: daging hewan yang disembelih dengan cara yang salah, tidak menyebut asma Alloh, hewan yang disembelih untuk berhala dan lain-lain..
Yang dimaksud makanan halal, yaitu semua makanan yang tidak diharamkan Alloh dan Rosulnya, semua makanan yang baik, tidak kotor dan tidak menjijikkan, semua makanan yang tidak memberi madharat, tidak membahayakan kesehatan jasmani serta tidak merusak akal, tidak merusak moral dan tidak merusak akidah. Makanan dan minuman yang halal dapat mempengaruhi watak dan perangai yang terpuji, seperti sabar, tenang, qonaah dan insyaa Alloh kita akan terhindar dari akhlak yang tercela.
Haram berarti larangan. Semua makanan yang dilarang syara` pasti ada bahayanya dan meninggalkan haram pasti ada manfaatnya.
Jenis-jenis makanan dan minuman yang haram, semua makanan yang disebutkan di dalam Al Quran Surat Al-Maidah ayat 3 yaitu sebagai berikut:
“diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala".

No comments:

Post a Comment