Thursday, March 12, 2020

Proses Pengangkatan Khalifah Umar bin Khattab Diangkat Berdasarkan...


Setelah para sahabat nabi mengangkat khalifah Abu Bakar As-Shiddiq, dua setengah tahun adalah usia kekhalifahannya. Beliau khawatir kalau pengangkatan itu dilakukan melalui proses pemilihan seperti pada masanya maka situasinya akan menjadi keruh karena kemungkinan terdapat banyak kepentingan yang ada di antara mereka yang membuat Umat Islam tidak stabil sehingga pengembangan Islam akan terhambat.

Sebelum meninggal, Khalifah Abu bakar bertanya kepada para sahabatnya tentang penunjukan Umar bin Khattab sebagai penggantinya. Umar memiliki julukan yang diberikan Nabi Muhammad yaitu Al-Faruq yang berarti orang yang bisa memisahkan antara kebenaran dan kebatilan. Pada umumnya mereka setuju dengan Abu Bakar dan kemudian disetujui Kaum Muslim secara serempak.

Ketika Abu Bakar sakit, beliau memanggil Usman bin Affan untuk menulis wasiat yang berisi penunjukan Umar bin Khattab sebagai penggantinya. Tujuannya agar ketika sepeninggal beliau tidak ada kemungkinan perselisihan di kalangan Umat Islam untuk masalah khalifah.

Badri Yatim dalam buku Sejarah Peradaban Islam menukil pandangan bahwa keputusan Abu Bakar tersebut diterima Umat Islam sehingga mereka secara beramai-ramai membaiat Umar sebagai khalifah.

Umar dianggap sebagai seorang yang paling disegani Kaum Muslim pada masa itu karena selain reputasinya yang memang terkenal sejak Masa Pra-Islam, juga karena ia dikenal sebagai orang terdepan yang selalu membela Nabi Muhammad S.A.W.

No comments:

Post a Comment